بســــم الرّحمـــن الرّحــــيم
PJJ Matematika Wajib Kelas XII, 21 Januari 2021Bagaimana kabar kalian kali ini, semoga dalam keadaan sehat selalu. Akan
selalu saya ingatkan, agar jangan lupa pesan Ibu ingat 3M (Memakai Masker,
Menjaga Jarak, Mencuci Tangan) dan agar lebih afdal jangan lupa Menjaga Iman dan
Imun.
Jika pada minggu lalu saya membahas tentang aturan penjumlahan dan
perkalian, pada minggu ini saya akan membahas tentang faktorial. Kenapa
faktorial perlu di bahas, karena faktorial ini merupakan pengembangan dari
aturan perkalian. Untuk selanjutnya silakan Anda simak pembahasan di bawah:
FLASH BACK (ATURAN PERKALIAN)
Sebelum membahas faktorial saya akan sedikit
mengingatkan tentang aturan perkalian, misal ada maslah matematika seperti di
bawah:
Sebuah perusahaan akan memberikan nomor register sebanyak 7 digit pada
setiap aset barang yang dimiliki perusahaan tersebut, jika direncanakan
perusahaan itu akan membuat nomor register dari angkat 1,2,3,4,5,6,7 maka
berapa nomor register yang dapat dibuat oleh perusahaan tersebut? (Dengan
catatan tidak boleh ada angka yang diulang)
Solusi:
Untuk lebih mudah kita analogikan ke 7 digit tersebut dengan kotak seperti
di bawah
Semua angka
belum di pakai jadi masih 7 angka |
Karena sudah di pakai 1
jadi tinggal 6 angka |
Karena sudah di pakai 2
jadi tinggal 5 angka |
Karena sudah di pakai 3
jadi tinggal 4 angka |
Karena sudah di pakai 4
jadi tinggal 3 angka |
Karena sudah di pakai 5
jadi tinggal 2 angka |
Karena sudah di pakai 6
jadi tinggal 1 angka |
Sehingga banyak angka yang dapat mengisi slot jadi
7 |
6 |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
Jadi banyak angka yang dapat di buat adalah 7 . 6 . 5 . 4 . 3. 2 . 1 = 5040
nomor register
ADA APA DENGAN FAKTORIAL
Setelah kalian simak flash back tentang
aturan perkalian, kita bisa ubah penyelesaiannya seperti ini:
5040 = 7 . 6 . 5 . 4 . 3. 2 . 1 = 7 . (7 – 1) . (7 – 2) . (7 – 3) . (7 – 4)
. (7 – 5) . (7 – 6)
Nah persoalan di atas bisa kita ubah menjadi 7! (7 faktorial)
Contoh (1):
Tentukan nilai 5!
Solusi:
5! = 5 . (5 – 1) .(5 – 2) . (5 – 3) . (5 – 4) = 5 . 4 . 3 . 2 . 1 = 120
Contoh (2):
Perhatikan penyelesaian matematika juga bisa berbentuk seperti ini
Contoh (3):
Soal faktorial juga bisa berbentuk aljabar seperti di bawah
Dari
pembelajaran di atas coba simpulkan pada kelas kalian masing-masing di Google Classroom, berikut link atau kode kelas masing-masing kelas. Sesuaikan dengan kelas kalian:
Kelas XII MIPA 1:
Link (klik gambar mata di samping): 👀
Kode Kelas : qrtvm33
Kelas XII MIPA 2:
Link (klik gambar mata di samping): 👀
Kode Kelas : d62hyuv
Kelas XII MIPA 3:
Link (klik gambar mata di samping): 👀
Kode Kelas : sir5vrf
Kelas XII MIPA 4:
Link (klik gambar mata di samping): 👀
Kode Kelas : ultb4pg
Kelas XII MIPA 5:
Link (klik gambar mata di samping): 👀
Kode Kelas : g4ykrog
Kelas XII MIPA 6:
Link (klik gambar mata di samping): 👀
Kode Kelas : ed6boyy
Kelas XII MIPA 7:
Link (klik gambar mata di samping): 👀
Kode Kelas : gapjtqi
Absensi PJJ Smarter Kelas XII
Link (klik gambar mata di samping): 👀
Tidak ada komentar:
Posting Komentar